PENDIDIKAN KARAKTER DAN BUDI PEKERTI

DSCF9087

Siswa-siawi SMP Negeri 25 Surabaya kelas 7 dan 8 serta kelas 9B mengikuti kegiatan  Pendidikan Karakter dan Budi Pekerti di Kolat Armatim. Pelaksanaan pada hari selasa tgl 16 Desember 2014 sampai kamis tgl 18 Desember 2014.Acara dimulai dengan upacara yang langsung di pimpin  oleh Ibu Kepala Sekolah Ibu Dra Istuningsih , M Pd  diikuti oleh staf, wali kelas dan seluruh pengajar/pemberi materi dari Kolat Armatim.

Siswa menyambut kegiatan ini dengan antusias, hal ini nampak pada siswa selama mengikuti kegiatan ini dengan sukacita dan  penuh sengangat yang melebihi semangat juang para pahlawan kita dahulu. Mereka menyadari bahwa pendidikan karakter sangat penting.

DSCF9103     DSCF9129

Karakter tidak bisa diwariskan, karakter tidak bisa dibeli dan karakter tidak bisa ditukar. Karakter harus DIBANGUN dan DIKEMBANGKAN secara sadar .Setiap orang bertanggung jawab atas karakternya. Kita  memiliki KONTROL PENUH atas karakter kita, artinya Kita tidak dapat menyalahkan orang lain atas karakter kita yang buruk karena kita yang bertanggung jawab penuh. Mengembangkan karakter adalah TANGGUNG JAWAB pribadi kita.

Pendidikan karakter pada intinya bertujuan membentuk bangsa yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotong royong, berjiwa patriotik, berkembang dinamis, berorientasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang semuanya dijiwai oleh iman dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa berdasarkan Pancasila.

DSCF9113  DSCF9111

Pendidikan karakter berfungsi untuk (1) mengembangkan potensi dasar agar berhati baik, berpikiran baik, dan berperilaku baik, (2) memperkuat dan membangun perilaku bangsa yang multikultur dan (3) meningkatkan peradaban bangsa yang kompetitif dalam pergaulan dunia.